MOTIVASI

 

MOTIVASI

 

            Kalis datang lagi. Belum ada tanda-tanda tantangan Kalis di grup Lagerunal. Pukul 09.38 wib pak ustad Dail pun menulis chat menanyakan tema Kalis hari ini. Pukul 11.53 wib pak Brian memposting tema Kamis Menulis, 16 April 2023 yaitu motivasi.

          Motivasi menurut KBBI pada pranala https://kbbi.web.id/motivasi motivasi/mo·ti·va·si/ n 1 dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu; 2 Psi usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.

            Menilik dari keterangan di atas, pengertian pertama, motivasi merupakan dorongan dari diri sendiri untuk melakukan suatu tindakan, suatu langkah demi tujuan tertentu. Biasa disebut motivasi intrinsik. Sedangkan pengertian kedua, motovasi merupakan dorongan dari luar diri yang bersangkutan alias dari orang lain. Atau motivasi ekstrinsik.

            Memotivasi berarti predikat atau kata kerja mempunyai makna memberi motivasi. Orang lain memberi motivasi kepada orang lain. Sementara istilah motivator mempunyai makna orang yang memberikan motivasi/dorongan untuk melakukan sesuatu.

            Motivasi saya mengikuti Kalis, misalnya (1) melemaskan jemari karena lama tidak menulis. (2) Turut meramaikan, masuk list lalu memenangkan udian dengan hadiah buku (3) Bisa meluangkan waktu untuk menulis.

            Motivasi harus selalu kita pupuk hingga tumbuh subur bak rumput di musim hujan. Hal ini sangat terasa ketika mengikuti Kelas BM asuhan DokJay. Motivasi beliau adalah menulislah setiap hari dan buktikan apayang terjadi. Beliau lebih suka menyebutnya mantra ajaib. Never mind-lah  mau disebut apa saja. Namun seiring waktu, bertambahnya kesibukan di sekolah, mengajar hingga sore, lelah mendera hingga akhirnya menulispin tak sempat. Alasan klasik sih menurut saya. Sibuk, jam mengajar penuh, lelah, tidak ada ide, bla…bla…bla.

            Motivasi paling kuat itu ya dari diri sendiri. Sehebat apapun dorongan orang lain tidak akan mampu menggerakkan jemari ini untuk menari diatas keyboard jika di dalam diri sudah menolak meskipun baru di dalam hati. Kalimat-kalimat negatif yang sering menghantui, antara lain tulisanku jelek. Tulisanku tidak berbobot. Apa ada yang mau membaca tulisan seperti ini.  Termasuk tulisan saya ini. Dan masih banyak lagi pikiran negatif lainnya. Hingga akhirnya si manis motivasi pun lenyap. Akhirnya hanya berteriak dalam diam ... “Motiiiii,  kemana …, dimana kamu …”

            Sebagai ASN, menulis itu sangat bermanfaat. Seorang guru wajib membuat PTK, menerbitkan jurnal sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat. Ini seharusnya menjadi salah satu motivasi terbesar. Yuk, diriku khususnya, mari  tumbuhkan, suburkan, kuatkan kembali hingga kita konsisten senantiasa menghasilkan karya

 


Karawang, 16-2-2023

 

SSCU

#kalis

#motivasi


 

3 Responses to "MOTIVASI"